Pondok Pesantren Nurul Iman Al-Hasanah adalah lembaga pendidikan Islam swasta (non-pemerintah). Dirintis sejak 1985, didirikan Pondok Pesantren pada tanggal 1 Januari 1985 oleh Drs. KH. Supendi,MM dan Ustadzah Hj. Ani, S.Pd, dengan menggunakan kurikulum salafi dan modern, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris juga kitab kuning secara intensif.

Pondok Pesantren Nurul Iman Al-Hasanah terletak di Jalan Raya Leuwiliang-Karacak Kampung Geledug Desa Barengkok Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Lokasi pesantren sangat strategis karena berada di pinggiran jalan raya provinsi yang menghubungkan antara provinsi bogor dan sukabumi, yang mana hal tersebut memudahkan komunikasi, baik dengan instansi pemerintah maupun dengan masyarakat luas.

Dengan didukung oleh lingkungan yang memadai, Pondok Pesantren Nurul Iman Al-Hasanah berupaya untuk mencetak manusia yang cerdas dan berkarakter untuk menjadi kader pemimpin umat/bangsa, selalu mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, persaudaraan, kebebasan berfikir logis dan analisis serta berperilaku atas dasar Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Di Pondok Pesantren Nurul Iman Al-Hasanah, proses belajar mengajar serta kegiatan santri sehari-hari dilaksanakan oleh para guru/ustadz dengan latar belakang pendidikan dari berbagai perguruan tinggi dan pesantren salafi juga modern, yang sebagian besar tinggal di asrama dan secara penuh mengawasi serta membimbing santri dalam semua proses kegiatan dan kepengasuhan santri. Sebagai jenis pesantren salafi modern, santri Pondok Pesantren Nurul Iman Al-Hasanah  mempunyai pikiran terbuka dan moderat, tanpa menghilangkan unsur peran Islam. Disiplin dan kesederhanaan, diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan pesantren.

Seiring berjalannya waktu pondok pesantren terus senantiasa berusaha memberikan yang terbaik untuk agama dan bangsa dengan cara mendirikan lembaga-lembaga formal lainnya yaitu sekolah menengah pertama, madrasah tsanawiyah, sekolah menengah kejuruan serta madrasah aliyah dengan selalu meningkatkan mutu pendidikan, pembangunan fisik untuk mempersiapkan generasi-generasi agar mampu mengabdi kepada masyarakat.